Tari Sufi | Kesenian Tari Asal Turki

Tari Sufi Kesenian Tari Asal Turki

Kesenian Tari Asal Turki yang satu ini banyak sekali menyita perhatian para penikmat musik dunia dengan menarik dan unik nya musik yang berasal dari ngara Turki tersebut. Dilansir dari banyaknya media tenama dari seluruh dunia, kesenian ini banyak sekali dijadikan banyak penayangan khusus yang menayangkan kesenian-kesenian terkenal dari seluruh dunia.

Terdapat ciri khas yang bisa kalian lihat dan bedakan dengan kesenian lainnya jika kalian melihat tarian yang satu ini. Tari Suffi yang berasal dari Turki ini dilakukan oleh banyak penari. Ini juga yang menjadikan tarian dari Turki tersebut menjadi tarian yang dikatakan sebagai tarian dengan penari terbanyak yang ada dari seluruh dunia. Dikatakan demikian karena tarian ini dilakukan oleh kurang lebih sebanyak 999 penari yang menari secara bersama-sama dengan diiringi musik khas untuk mengiringi tarian tersebut.

Tari Sufi Kesenian Tari Asal Turki

Dengan menggunakan baju terusan dengan rok lebar yang menjadi ciri khas dari tarian yang satu ini. Banyak sudah orang yang mengenal tarian tersebut karena ciri khas dari tarian yang sangat mudah untuk dilihat dan diperhatikan tersebut.

Sejarah Kesenian Tari Asal Turki

Tarian ini memiliki sejarah yang cukup panjang dimana bisa dikatakan jika sejarah tersebut juga menjadi salah satu hal yang banyak membuat tarian ini banyak dikenal oleh masyarakat dunia. Banyak sudah yang dilalui oleh tarian ini hingga akhirnya ia banyak dikenal di seluruh dunia. Tarian yang hadir nya pada abad ke-13 ini diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh salah seorang penyair asal Prancis yang bernama Mawlana Jalaludin Rumi. Tarian ini diperkenalkan nya dengan unsur rohani didalam nya dengan mengikuti banyak unsur didalam nya.

Baca artikel lainnya: Alat Musik Theremin Teraneh Sepanjang Sejarah Musik Dunia

Tarian yang ia lakukan tersebut adalah cara nya dalam mengekspresikan rasa sedihnya karena telah ditinggal oleh guru spiritualnya yang sudah meninggal dunia. Tarian tersebut ia lakukan untuk mendoakan sang guru agar tenang berada di alam baka. Tarian yang cukup mudah dilakukan itu merupakan sebuah ritual doa yang diciptakan untuk mendoakan sang guru.

Kota Konya “Turki”

Konya adalah kota yang ada di Turki yang merupakan tempat dimana tarian ini mendapatkan tempat yang sangat spesial disana. Bisa dikatakan juga jika kota tersebut merupakan kota dimana tarian tersebut dilahirkan dan banyak dilakukan. Jika kalian berkunjung ke Konya, kalian pasti akan menyakasikan banyak nya para Sufi yang sedang menghabiskan masa hidupnya disana.

Kota Konya Turki

Sesampainya disana nanti kalian akan merasakan suasna religius yang sangat dalam jika kalian pergi lebih mendekat lagi ke makam dan museum yang menyimpan banyak sekali sejarah penyair dan pencipta tarian Sufi tersebut. Museum dan makam sang penyair dari tarian terkenal dari Sufi ini tepatnya berada di Mevlana Kultur Merkezi (Mevlana Cultural Center). Disana akan banyak sekali ditemukan para penari Sufi yang sedang menari dengan menggunakan baju yang berwarna hitam dengan menari berputar tanpa henti.

Para pengunjung yang datang kesana akan mudah dan bebas meyaksikan tarian tersebut tanpa ditarik atau dikenai biaya seperser pun kalian juga dapat belajar untuk mengetahui bagaimana cara melakukan tarian tersebut disana nantinya. Pertunjukan tari ini dilakukan dengan sangat hikmat dengan diiringi musik rohani Turki yang menyebabkan tarian ini juga dikatakan sebagai tarian yang penuh dengan unsur rohani nya di dalam musik yang dibawakan. Jadi jika kalian memutuskan untuk mengunjungi makam tersebut, kalian harus berperilaku hikmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *