Perayaan Festival Kesenian Songkrang

Perayaan Festival Kesenian Songkrang

Perayaan festival kesenian yang diadakan di Thailand banyak menghandirkan banyak sekali perayaan kesenian yang ada di negri gajah putih tersebut. Thailand adalah salah satu negara kawasan Asia Tenggara dimana dikenal dengan negara yang banyak memiliki kesenian-kesenian unik dan menarik untuk diketahui. Salah satu pesat kesenian yang selalu dirayakan setiap tahun nya adalah Songkrang pada April setiap tahun nya.

Festival ini juga menjadi perayaan yang banyak ditunggu-tunggu oleh banyak turis dari seluruh dunia. Banyak turis yang datang dari negara di seluruh dunia sengaja datang kesini hanya untuk menyaksikan pertunjukan tersebut saja. Jika kalian mengetahui seluk beluk dari kesenian yang ada di negara gajah putih ini pastinya sudah mengetahui bagaimana dan apa saja yang dipentaskan dalam perayaan tersebut.

Songkran atau yang juga disebut sebagai festival siram air adalah acara dimana memperbolehkan semua orang yang ada kala itu saling menyiramkan air satu sama lain. Selain itu keseruan disini adalah saat semua pengujung festival juga diperbolehkan untuk menyiram air kepada gajah yang ada dalam perayaan tersebut.

Keseruan Perayaan Festival Kesenian Songkrong

Karena begitu menyenangkan nya perayaan tersebut, Songkrong telah banyak dikenal di seluruh dunia dengan perayaan yang banyak mendatangkan banyak turis. Perayaan Songkrong ini dilakukan selama 4 hari berturut-turut yang dimulai dari tanggal 12-15 April 2015.

Baca artikel lainnya: Minyak Diatas Kanvas | Kesenian Rusia

Upacara ini juga dikenal dengan acara yang mencerminkan esensi unik dari negara Thailand. Walaupun sebenarnya acara tersebut merupakan sebuah acara spiritual dari negara tersebut, namun semua orang baik warga lokal maupun mancanegara dapat mengikuti acara tersebut.

Keseruan Perayaan Festival Songkrong

Bukan hanya dapat merayakan perayaan upacara keagamaan itu saja, para pengunjung juga dapat mengambil foto bersama dengan patung Budha yang ada disana. Acara spiritual yang diadakan juga memperbolehkan pengunjung untuk ikut dalam ritual Rod Nam Dum Hua atau kebiasaan menuangkan air wangi di sisi penatua, yaitu orang yang telah berusia diatas 60 tahun dengan tujuan mendapatkan berkah yang didapatkan pada saat pergantian tahun atau ketika tahun baru kelak nantinya.

Serangkaian Acara Yang Dilakukan

Jika kamu juga telah mengikuti acara keagamaan Thailand yang dilakukan tersebut setiap tahun nya tersebut pastinya sudah tau apa saja aktifitas yang dilakukan. Seperti layaknya melakukan ritual-ritual keagamaan yang banyak sekali dilakukan. Selain ritual keagamaan diatas, banyak juga aktifitas atau acara yang dapat dilakukan. Jika semua pengunjung sudah melakukan acara penyiraman diatas. Pengunjung yang melakukan kegiatan tersebut juga nantinya akan diundang untuk menikmati pertunjukan budaya seperti topeng klasik Thailand. Ini juga menjadi serangkaian acara yang banyak disukai para pengunjung.

Serangkaian Acara Yang Dilakukan

Pertunjukan topeng yang dilakukan adalah pertunjukan klasik yang melambangkan negri gajah putih tersebut. Setelah itu kalian juga dapat menyaksikan acara seni bela diri kuno asal Thailand yang telah lama ada sejak jaman dulu kala. Pertunjukan ini juga akan bisa dilakukan oleh pengunjung yang mau ikut dalam pementasan. Setelah semua acara yang ada tersebut telah dilakukan, pengunjung nantinya akan di undang untuk mendatangi sebuah kuil di Rattankosin Island yang mana juga sedang menjalankan aktifitas perayaan yang sama.

Disana nanti acara yang dilakukan berbeda dengan yang dilakukan sebelum nya, dimana acara kali ini dilakukannya dengan penuh hikmah. Tujuan berkunjung ke kuil yang ada disana tersebut ditujukan untuk melakukan pemujaan. Pemujaan kepada relik Budha di semua candi, seperti Wat Phra Chetuphon, Wat Bovorn Nivet, Wat Sraket, Wat Mahanparam, dan Wat Mahathat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *