Alat Musik Theremin Teraneh Sepanjang Sejarah Musik Dunia

Alat Musik Theremin

Alat musik theremin adalah hasil temuan tidak sengaja oleh seorang warga Rusia tahun 1920 an, dan suaranya berhasil menyihir sejumlah orang ternama. Theremin telah membuat siapapun yang melihatnya menjadi terbelalak karena terpukau oleh kualitas suara yang dihasilkan bahkan untuk penggelut dunia Hollywood sekalipun.

Theremin begitu misterius sehingga banyak orang menganggapnya sebagai sesuatu benda yang tidak berasal dari dunia manusia. Sebagian lainnya menganggap teknologi theremin seolah datang dari masa depan, sehingga banyak menimbulkan perbincangan hangat mengenai penemuan alat musik revolusioner ini.

Alat Musik Theremin Teraneh Sepanjang Sejarah Musik Dunia

Produksi musik yang keluar dari theremin rasanya seperti sebuah sulap karena ia muncul dari sosok ketiadaan tak terlihat oleh mata telanjang. Pemainnya hanya menggerakan tangan maupun jari seakan ia sedang mengadakan sesi hipnotis seraya melambai – lambai di udara yang kosong.

Oleh sebab itu, theremin resmi dinobatkan sebagai satu – satunya alat musik yang cara mengontrolnya tidak memerlukan kontak fisik. Meski telah berusia genap seratus tahun lalu, theremin juga merupakan alat musik elektronik pertama di dunia sehingga banyak ilmuwan terinspirasi oleh mekanisme kerjanya dan membuahkan penemuan baru lanjutan bernama synthesizer modern.

Theremin banyak mendapat pujian oleh khalayak ramai, bahkan generasi milenial terkagum – kagum melihat demonstrasinya dari kanal youtube. Theremin mungkin akan menjadi bahan inspirasi lagi untuk kesekian kalinya oleh gelombang lanjutan dari para seniman muda yang hidup seratus tahun setelahnya.

Alat Musik Theremin Dimainkan Sepenuhnya Tanpa Kontak Fisik

Sejumlah seniman maupun musisi yang sedang eksis saat ini sepakat bahwa theremin lebih mirip sebuah alat musik dari dunia lain dan ajaib. Carolina Eyck merupakan pemain theremin yang kawakan dan terlihat sudah terbiasa memainkannya sepanjang waktu, kini mulai tersenyum lebar karena melihat theremin naik daun kembali.

Bagi Carolina, antara dirinya dan theremin begitu erat bagaikan hubungan tato dengan yakuza yang sulit sekali dilepaskan karena tumbuh besar bersama. Setiap penggiat theremin bagaikan seorang penyulap karena memang demonstrasinya terlihat begitu memukau karena tidak menyentuh bagian apapun darinya.

Alat Musik Theremin Dimainkan Sepenuhnya Tanpa Kontak Fisik

Sepanjang kita hidup, belum pernah rasanya melihat instrumen yang bisa dimainkan tanpa ada proses kontak fisik sedikitpun daripadanya. Dengan theremin, anda seolah memainkan udara sebagai media untuk menghasilkan suara tertentu sehingga banyak orang masih geleng – geleng kepala saking tidak percayanya melihat pemandangan tersebut.

Theremin juga memiliki sejumlah keunggulan yang tidak mungkin kita dapatkan dari instrumen lainnya seperti gitar maupun piano. Gradasi nada serta jangkauan volumenya yang terbilang luas membuat ia mendapat anugerah sebagai instrumen dengan jumlah kekayaan nada paling bervariatif sepanjang masa oleh Percy Grainger.

Beliau adalah seorang komposer maverick yang juga merupakan salah satu sosok penggiat alat musik theremin sehingga cukup dikenal oleh komunitasnya. Percy juga turut melestarikan keberadaan theremin manakala ia mulai meredup dan banyak orang muda melupakan kesuksesan alat musik ini untuk beberapa waktu lamanya.

Menakjubkan Sekaligus Menakutkan

Kemampuan alat musik theremin sangat luar biasa, ia bahkan bisa menghasilkan suara yang tidak cocok dikatakan sebagai musik. Salah satunya adalah ketika Dimitri Shostakovich memanfaatkan keunikannya untuk meniru suara badai salju dalam sebuah film mahakaryanya tahun 1931.

Seorang seniman lainnya yaitu Hekla Magnusdottir berujar bahwa ia biasanya teringat akan suara gunung vulkanik maupun glasial yang menakutkan. Semua itu muncul dalam benaknya setiap kali alat musik theremin berdengung memenuhi telinganya, menyebabkan ketakutan yang amat sangat mencekam menyelimuti sanubari dalam relung hati kecilnya.

Alat Musik Theremin Menakjubkan Sekaligus Menakutkan

Ia juga bereksperimen dengan segala metode untuk membuat efek suara seperti misalnya binatang berukuran raksasa maupun teriakan burung. Pencipta theremin adalah Leo Theremin, seorang cerdas yang akhirnya bekerja di bidang fisikawan asal Rusia dan telah menunjukkan bakatnya sedari kecil.

Rumornya yang beredar yaitu ia mampu membongkar jam tangan secara menyeluruh untuk kemudian ia rakit kembali pada umur 7 tahun. Menjelang usia 15, Leon telah mendirikan gedung observatorium untuk meneliti astronomi sehingga banyak orang segan terhadap prestasi yang ia raih semasa mudanya.

Ketika itu tahun 1920, ia sedang sibuk ingin menciptakan mesin bergelombang radio yang sengaja ia ciptakan untuk meneliti sifat gas. Ia malah gagal fokus manakala alat ciptaannya menghasilkan suara aneh tatkala jari jemari bergerak melaluinya, sehingga akhirnya terciptalah penemuan mahakarya theremin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *